[MATERI] Sistem Informasi Manajemen
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi tidak terlepas dari penggunaan teknologi informasi, dengan demikian terdapat hubungan yang erat antara sistem informasi dengan teknologi informasi. Information System (IS)
Teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi yang menerapkan atau menggunakan dua teknologi sekaligus yaitu teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Teknologi informasi dapat membantu segala jenis bisnis diantaranya ;
- Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis
- Pengambilan keputusan manajerial
- Memperkuat posisi kompetitif dalam pasar yang cepat sekali berubah dan bersifat global. dll
Konsep Dasar
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Definisi Sistem
• Sekumpulan unsur (elemen/kegiatan/prosedur) yang saling terpadu dan bekerjasama satu sama lain merupakan satu kesatuan untuk mencapai tujuan sistem tsb.
• Keberadaannya membentuk sebuah fungsi untuk mencapai tujuan
Karakteristik Sistem
• Sasaran (objevtive) : sesuatu yang ingin dicapai dalam jangka pendek dan atau panjang
• Tujuan (goal) : pencapaian akhir yang hendak dicapai dalam waktu yang panjang
• Kendali (control) : menjaga sistem agar tetap berjalan sesuai rencana dan tujuannya
• Umpan Balik (feed back) :mengukur operasional proses sistem (mengembalikan kondisi menyimpang menjadi standar)
Definisi Informasi
Informasi yaitu data yang telah diproses dan diorganisasikan sehingga mempunyai arti (meaningful) dan berdaya guna (useful) digunakan sebagai dasar pengambilan suatu keputusan (decision making) strategis dan operasional dalam rangka peningkatan kinerja perusahaan.
Fungsi Informasi
– Membantu Dalam Pengambilan Keputusan
– Menambah pengetahuan
– Mengurangi ketidakpastian
– Mengurangi resiko kegagalan
– Mengurangi keanekaragaman/varian
– Memberi standar (aturan/ukuran/batasan)
Kualitas Informasi: Timeless, Accurate & Relevan
Sistem Informasi yaitu merupakan kumpulan atas beberapa komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk; mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menyebarkan informasi guna mendukung pengambilan keputusan, koordinasi pengendalian dan untuk memberikan gambaran aktivitas di dalam perusahaan. (Loudon, Kenneth C. and Jane P., 2010)
Komentar
Posting Komentar